• PMII RAYON PSIKOLOGI DAN KESEHATAN UINSA
  • Dzikir, Fikir, Amal Sholeh
Sambutan Ketua Rayon

Inspirator, Jawaban Tantangan Zaman Oleh PMII

PMII sebagai Inspirator, menjawab tantangan dengan solusi yang solutif

Aktivis suatu elemen yang tidak akan terpisah dalam suatu elemen dunia kampus. Aktivis selalu menjadi garda terdepan dalam hal membela sesuatu yang salah dan menindas. Entah itu dalam kehidupan sebagai mahasiswa ataupun rakyat. Agent of change dan agentofcontrol selalu menjadi jargon aktivis dalam menegakkan sebuah keadilan.

PMII adalah salah satu organisasi ektra kampus yang bisa dikatakan sukses dalam mencetak para kaum aktivis yang sukses. Sukses dalam dunia akademik maupun non akademik. PMII selalu memperhatikan sistem kaderisasinya agar tetap istiqomah dalam mencetak aktivis. Dalam menjalankan roda kaderisasi pun selalu ada tantangan yang dihadapi oleh kader-kader PMII.

Ketika ngomong soal tantangan banyak faktor yang mempengaruhi didalamya, intrenal maupun eksternal selalu menjadi teman setia dalam menjalankan roda kaderisasi PMII. Perkembangan zaman pun juga menjadi tantangan PMII mulai dari tataran Pengurus Besar (PB) PMII sampek tataran sekecil Rayon.

Hal ini pun menyebabkan beberapa perubahan karakteristik kader-kader PMII, yang dulunya militan pun sekarang masih dipertanyakan kemilitannya kader PMII sekarang. Tapi tidak disalahkan juga proses kaderisasi di PMII  mengalami kemerosotan dalam sikap miitannya.

Perkembangan zaman dari millenial menuju post-millenial pun juga mempengaruhi pergeseran atmosfer dalam tahap kaderisasi. Dimana yang telah diungkapkan oleh Oblinger tentang teori generasi yang menyatakan bahwa generasi post-millenial mempunyai karakter yang cenderung memilih asik dengan gadget yang dia miliki, daripada duduk melingkar bersama sahabat-sahabatnya untuk mendiskusikan sesuatu yang positif.

Cenderungnya generasi postmilenial yang lebih memilih gadget, PMII disini harus hadir untuk memberikan solusi agar mahasiswa yang bertipe ini tidak cenderung individual dan peka terhadap kondisi sekitar. Perlu adanya inspirasi dalam mahasiswa ini, harusnya menjadi pembicaraan menarik untuk merumuskan sistem kaderisasi yang lebih bisa mengakomodir karakter mahasiswa.

PMII yang mempunyai landasan berfikir dan gerakan ASWAJA harusnya mampu menjawab tantangan tersubut dan menjadi inspirator bagi mereka. Dengan amalan dan ajarannya PMII bisa menjadi solusi yang solutif untuk Mahasiswa Post- Millenial. Dengan menginspirasi sesuatu yang lebih menarik agar fokus mereka yang cenderung ke gadget berbalik arah untuk mengikuti PMII.

Dengan gerakan-gerakan yang telah ada harusnya PMII tetap bisa bertahan, atau bahkan bisa mengendalikan generasi post-milenial. Karena di PMII mereka akan diajarkan apa yang tidak diajarkan oleh gadget canggih mereka.

Baca Juga
Mengenal Mahbub Djunaidi, Sang Pendekar Pena

Mahbub Djunaidi adalah ketua umum pertama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ia lahir di Jakarta pada 22 Juli 1933. Ia dikenal sebagai wartawan-sastrawan, agamawan, organisato

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Anjas Pramono, Mahasiswa Difabel Kader NU yang Berhasil Ciptakan 5 Aplikasi

Jakarta, NU Online Pantang surut semangat perjuangan Anjas Pramono, Ketua Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

31/07/2019 10:10 WIB - Administrator
Massa PMII UINSA Surabaya Geruduk Gedung DPRD Jatim, Ini Tiga Poin Tuntutan yang Disuarakan Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Massa PMII UINSA Surabaya Geruduk Gedung DPRD Jatim, Ini Tiga Poin Tuntutan yang Disuarakan,

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Massa PMII UINSA Surabaya menggelar aksi menyuarakan tuntutan menolak&nbs

16/09/2019 14:27 WIB - Administrator
SALAM PERGERAKAN UNTUK SAHABAT

Assalamualaikum wr.wb Sahabat, sahabati yang berbahagia Kalian adalah generasi penerus kami, aset bangsa dan negara di masa mendatang, pemegang estafet perjuangan para pemimpin yang ber

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
KAMPUS SEBAGAI MINIATUR NEGARA

Kampus adalah miniatur negara. Tentu hal ini tidaklah berlebihan, kita bisa melihat dari segi penyebaran mahasiswa, kampus menghadirkan peserta didik dari berbagai unsur suku, ras dan b

02/10/2019 23:03 WIB - Administrator