• PMII RAYON PSIKOLOGI DAN KESEHATAN UINSA
  • Dzikir, Fikir, Amal Sholeh

PB PMII Perkenalkan Islam Indonesia di Kancah Internasional

JAKARTA - Salah Satu misi besar Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) adalah memperkenalkan Islam Indonesia pada dunia Internasional.

Islam Indonesia memiliki nuansa yang ramah dan menjadi rahmah bagi sekalian alam. Demikian disampaikan Ketua Umum PB PMII, Agus Mulyono Herlambang di Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Dia mengatakan, langkah pertama dalam melakukan gerakan tersebut adalah membentuk Pengurus Cabang Internasional PMII (PCI PMII) di berbagai negara seperti Maroko, Korea Selatan, dan Jerman.

"Melalui PMII Cabang Internasional kita perkenalkan kepada dunia wajah Islam yang santun dan menyejukkan," ujarnya.

Menurutnya, pembentukan PCI PMII di berbagai negara adalah cara untuk mempermudah PMII dalam menyebarkan ajaran Islam ahlussunnah wal jamaah, yang diyakini mampu menjadi spirit perdamaian dunia.

"Bulan ini (Agustus) kita dirikan PCI Maroko. Maroko adalah negara pertama yang akan menyambut dan menjadi saksi sejarah. Dengan dukungan dan doa seluruh kader dan alumni, dalam hitungan hari cita-cita itu akan menjadi nyata," ungkapnya.

Agus mengatakan, PMII sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia akan menjadi garis terdepan dalam membumikan nilai Islam yang damai, toleran, dan moderat.

Tak hanya menjadi garis terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia), menurutnya, PMII juga siap menjadi garis terdepan dalam menularkan nilai-nilai Islam Indonesia di kancah internasional.

"Islam Indonesia adalah Islam yang damai, toleran, dan moderat. Nilai-nilai seperti ini harus kita perkenalkan dan kita tularkan pada Negara-negara lain," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Ketua Bidang Hubungan Internasional PB PMII, Ahmad Romzi mengatakan, PB PMII akan melebarkan sayap di kancah internasional melalui program globalizing PMII.

Melalui program tersebut, PB PMII akan berbagi pengetahuan kepada mahasiswa asal Indonesia di berbagai Negara terkait wacana kebangsaan, nilai-nilai Islam Indonesia, keterlibatan sosial serta penjelasan tentang direktori Milenial Muslim Indonesia.

"Melalui globalizing PMII ini harapannya, mahasiswa Indonesia di luar negeri turut berperan aktif dalam merawat tradisi Islam Indonesia dan tetap kembali ke Indonesia. Dan saat kembali ke Indonesia, mereka juga berperan aktif memajukan bangsa," ujar Romzi.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
KAMPUS SEBAGAI MINIATUR NEGARA

Kampus adalah miniatur negara. Tentu hal ini tidaklah berlebihan, kita bisa melihat dari segi penyebaran mahasiswa, kampus menghadirkan peserta didik dari berbagai unsur suku, ras dan b

02/10/2019 23:03 WIB - Administrator
IKA UINSA: Penetapan Tersangka Imam Nahrawi Terkesan Dipaksakan

Media Jatim-Nasional, News MediaJatim.com, Surabaya – Aroma politisasi di tubuh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) makin menguat, menyusul penetapan Menpora Imam Nahrawi seba

18/09/2019 22:07 WIB - Administrator
Massa PMII UINSA Surabaya Geruduk Gedung DPRD Jatim, Ini Tiga Poin Tuntutan yang Disuarakan Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Massa PMII UINSA Surabaya Geruduk Gedung DPRD Jatim, Ini Tiga Poin Tuntutan yang Disuarakan,

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Massa PMII UINSA Surabaya menggelar aksi menyuarakan tuntutan menolak&nbs

16/09/2019 14:27 WIB - Administrator
Anjas Pramono, Mahasiswa Difabel Kader NU yang Berhasil Ciptakan 5 Aplikasi

Jakarta, NU Online Pantang surut semangat perjuangan Anjas Pramono, Ketua Pengurus Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

31/07/2019 10:10 WIB - Administrator
SALAM PERGERAKAN UNTUK SAHABAT

Assalamualaikum wr.wb Sahabat, sahabati yang berbahagia Kalian adalah generasi penerus kami, aset bangsa dan negara di masa mendatang, pemegang estafet perjuangan para pemimpin yang ber

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator
Mengenal Mahbub Djunaidi, Sang Pendekar Pena

Mahbub Djunaidi adalah ketua umum pertama Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Ia lahir di Jakarta pada 22 Juli 1933. Ia dikenal sebagai wartawan-sastrawan, agamawan, organisato

01/04/2019 21:44 WIB - Administrator